Tersedia Paket Liburan Hubungi Kami www.wisatabahari-sumbar.com PIN 52988E44 LINE: Wisatabaharisumbar

cars

Kamis, 02 Agustus 2012

India Tahun Depan Ingin Kirim Satelit ke Planet Mars

InfoTekno, Pemerintah India menargetkan tahun depan mereka akan meluncurkan satelit ke planet Mars. Misi ini akan menjadi salah satu langkah besar bagi India, yang juga berambisi mengirim astronot ke luar angkasa pada 2016.
Menurut harian Telegraph, 2 Agustus 2012, satelit India nantinya akan diterbangkan menggunakan roket Indian Polar Satellite Launch Vehicle sebesar 320 ton dari pusat peluncuran di Sriharikota, selatan negara bagian Andhra Pradesh.

"Kami akan meluncurkan misi Mars setelah Departemen Ilmu Pengetahuan memberikan lampu hijau. Diperkirakan program ini akan mulai pada awal tahun depan," kata Deviprasad Karnik, direktur Organisasi Riset Antariksa India (ISRO).

Misi mengirim satelit ke orbit mars ini bertujuan untuk mempelajari iklim dan geologi planet merah tersebut. Seorang pejabat ISRO yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa misi menuju Mars ini akan memakan biaya hingga 4-5 miliar rupee (Rp675-843 miliar).

Misi ke Mars tidak mudah. Menurut data, dari 38 percobaan misi ke Mars, hanya 19 yang berhasil. Jika sukses, maka India akan menjadi negara ketiga di dunia yang menuju Mars, setelah Uni Soviet dan Amerika Serikat.
India memulai program antariksanya pada tahun 1963 dengan mengembangkan satelit domestik dan meluncurkan pesawat luar angkasanya sendiri. Pada September 2009, satelit india Chandrayaan-1 berhasil menemukan air di bulan, menambah prestise India di antara negara-negara pemilik teknologi antariksa.

Namun, program antariksa India mengalami kemunduran setelah roket pembawa satelit meledak di udara dan jatuh di Teluk Bengal setelah melenceng dari jalur pada Desember 2010. S
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Deri Afhan Gusmanto. Diberdayakan oleh Blogger.

we are social

latest tweets

flickr photos

random posts

grids

About us

recent posts

random posts

three columns

like us on facebook

Unordered List

Text Widget

Support